Kamis, 14 Oktober 2010

CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DALAM KOPERASI

Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara membuat laporan keuangan dalam koperasi ada baiknya kita mengatahui apa – apa saja yang terdapat dalam laporan keuangan koperasi. Lebih lanjutnya insyaAllah akan saya jabarkan seperti berikut ini.
Laporan Keuangan Koperasi
Laporan keuangan koperasi terdiri dari laporan sisa hasil usaha, neraca, laporan arus kas, laporan promosi ekonomi anggota, dan catatan atas laporan keuangan.
Laporan sisa hasil usaha atau memuat pendapatan ( untuk koperasi yang bergerak di bidang jasa ) atau penjualan ( untuk koperasi yang bergerak di bidang jual – beli ), harga pokok penjulan, biaya – biaya usaha dan keuntungan / laba (sisa hasil usaha). Pendapatan harus dibedakan antara pendapata anggota dan dari pendapatan nonanggota. Penjualan juga harus dibedakan antara penjulan kepada anggota dan penjulana kepada nonanggota. Kenapa? Laba yang berasal dari anggota dan laba yang berasal dari bukan anggota terpisah, karena laba yang berasal dari anggota sebagian besar ditunjukkan bagi anggota sebagai jasa modal atau jasa anggota. Sedangkan laba yang berasal dari bukan anggota umumnya tidak dibagikan pada anggota tetapi lebih dititikberatkan untuk cadangan. Neraca menyajikan informasi mengenasi aktifa, kewajiban, dan modal koperasi. modal koperasi terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, cadangan koperasi, dan donasi jika ada. Simpanan sukarela tidak dimasukan sebagai modal koperasi karena sifatnya yang setiap saat dapat diambil kembali oleh anggota. Dan, untuk dan – dana yang berasal dari pembagiam SHU, seperti dana pendidikan, dana pegawai, dan dana social dimasukkan sebagai hutang janka pendek.
Laporan arus kas menyajikan inforamasi mengenai perubahan kas selama periode tertentu. Laporan arus kas terdiri dari saldo awal, penerimaan, pengeluaran, dan saldo akhir kas. Laporan promosi ekonomi adalah laporan yang mengikhtisarkan manfaat ekonomi yang didapatkan anggota selama periode tertentu. Laporan prinsip ekonomi mencakup:
a. manfaat ekonomi dari pembelian barang atau pengadaan jasa bersama
b. manfaat ekonomi dari pemasaran dan pengolhan bersama
c. manfaat ekonomi dari simpanan pinjam lewat koperasi
d. manfaat ekonomi dalam pembagian SHU laporan promosi ekonomi anggota disesuaikan dengan jenis koperasi dan bidang usaha yang dijalankan.
Catatan kas laporan keuangan memuat akuntansi mengenai:
a. pengakuan pendapatan dan beban sehubungan dengan transaksi koperasi dengan anggota dan nonanggota
b. kebijakan akuntansi mengenai aktifa tetap, penilaian persediaan, piutang dan lain-lain
c. dasar penetapan harga pelayanan kepada anggota dan nonanggota.
(www.google.com)

Membuat laporan keuangan dalam koperasi sebenarnya sama saja seperti laporan keuangan dalam perusahaan. Hanya didalam koperasi tidak adanya keuntungan atau kerugian karena tujuan koperasi yang hanya ingin mensejahterakan rakyat. Seperti yang telah kita ketahui dari pembahasan diatas apa-apa saja yang terdapat di dalam laporan keuangan koperasi tidak jauh beda dengan laporan keuangan pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar